Duta Besar Rusia Hadiri Peluncuran Sukhoi di Halim  


TEMPO.CO, Jakarta - Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin, siang ini dijadwalkan menghadiri peluncuran Sukhoi Superjet-100 (SSJ-100) di Bandara Halim Perdanakusuma oleh PT Sky Aviation. "Ya, akan hadir," kata Atase Pers Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Dmitry Solodov, melalui pesan singkat kepada Tempo, Kamis, 28 Februari 2013.



Manajemen Sky Aviation meyakini keandalan Sukhoi. Selain alasan teknologi pesawat yang sudah dipantau sejak dua tahun lalu, ongkos sewa pesawa itu masuk ke dalam skema bisnis Sky Aviation. "Dibanding pesaingnya, harga Sukhoi lebih masuk akal," kata Direktur Utama Sky Aviation Krisman Tarigan.



Sky menyewa pesawat itu dengan biaya masing-masing US$ 250 ribu hingga US$ 300 ribu. Manajemen telah membandingkan Sukhoi dengan tipe sejenis yang diproduksi Embraer dan Bombardier. Embraer adalah pesawat buatan Brasil, sedangkan Bombardier berasal dari Kanada.



Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada Desember silam resmi mengumumkan hasil investigasi kecelakaan pesawat Sukhoi RRJ-95B dengan nomor registrasi 97004 itu. Pesawat nahas itu mengalami kecelakaan di Gunung Salak, Jawa Barat, pada Mei 2012 lalu. "Tim investigasi menyimpulkan ada beberapa faktor yang berkontribusi," kata Ketua KNKT, Tatang Kurniadi.



Faktor pertama adalah awak pesawat tidak menyadari kondisi pegunungan pada jalur yang dilalui. Faktor kedua adalah lemahnya sistem kontrol di Jakarta yang belum dilengkapi data batas tinggi minimum penerbangan. Faktor ketiga adalah ada distraksi yang mengalihkan perhatian pilot.



Kini pemerintah telah menerbitkan sertifikat untuk Sukhoi SSJ-100. Kementerian Perhubungan menyatakan telah menerbitkan sertifikat untuk pesawat Sukhoi. "Memang type certificate untuk brand Superjet-100 tipe RRJ 95B sudah diterbitkan pada November kemarin," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan.



Ia menjelaskan Kementerian mengecek langsung ke pabrik Sukhoi di Rusia. Beberapa prosedur yang dilakukan antara lain pemeriksaan tata cara pembuatan pesawat, spesifikasi peralatan, mesin, dan tahapan perawatan. "Termasuk test flight juga," katanya.



Bambang mengatakan Kementerian Perhubungan melaksanakan prosedur tersebut di Rusia mulai Juli silam. Ia menambahkan, penerbitan sertifikat itu tidak dipengaruhi oleh proses maupun hasil investigasi KNKT.



MARIA YUNIAR



Berita Terpopuler:


Anas Minta Amir Ungkap Gebrak Meja SBY di Cikeas


Pertemuan di Cikeas, Anas Janji Lindungi Nazar


Anas Urbaningrum: KTA Itu Keselip di Mana


Ibas: Tudingan Terima Duit Hambalang, Lagu Lama


5 Alasan Mahfud Soal Kasus Hukum Anas Urbaningrum




You're reading an article about
Duta Besar Rusia Hadiri Peluncuran Sukhoi di Halim  
This article
Duta Besar Rusia Hadiri Peluncuran Sukhoi di Halim  
can be opened in url
http://beritakasiterit.blogspot.com/2013/02/duta-besar-rusia-hadiri-peluncuran.html
Duta Besar Rusia Hadiri Peluncuran Sukhoi di Halim  

Title Post: Duta Besar Rusia Hadiri Peluncuran Sukhoi di Halim  
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Berita kasiterit

Thanks for visiting the blog, If any criticism and suggestions please leave a comment

0 komentar:

Posting Komentar