Husky Oil Belum Tentukan Pembeli Gas  


TEMPO.CO, Surabaya - Husky CNOOC Madura Limited (HCML), operator minyak dan gas bumi lapangan lepas pantai MDA dan MBH Blok Madura Strait, belum menentukan calon pembeli gas yang potensial. Head of Relation HCML wilayah Jawa Timur, Hamim Tohari, mengatakan semua industri memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan alokasi gas dari Blok Madura Strait.



Dia memperkirakan Blok Madura Strait mulai berproduksi pada akhir tahun 2014 atau awal tahun 2015. Ihwal rencana PT Petrokimia Gresik yang mengatakan telah mendapat alokasi 85 juta kaki kubik per hari (milion metric standart cubic feet per day/mmscfd) dari blok tersebut, Hamim menjawab diplomatis. "Belum ada pembicaraan dari mana pun. Semua pihak berpeluang mendapat alokasi gasnya," kata Hamim kepada Tempo, Selasa, 26 Februari 2013.



Penentuan calon pembeli gas, kata Hamim, masih dalam tahap due dilligance. Setelah itu, HCML menandatangani perjanjian jual-beli gas (PJBG) bersama pembeli yang menyepakati harga yang ditawarkan.



Namun, ia enggan mengungkapkan berapa harga keekonomian gas dari Blok Madura Strait tersebut. Soal ini, Hamim menyerahkannya kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk menentukan harga keekonomian dari Lapangan MBH.



Selain untuk kebutuhan industri, HCML bakal mengalokasikan gas untuk BUMD migas Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Dari blok itu, HCML berharap dapat menguras gas dari perut bumi Sumenep sebesar 120 mmscfd. "Dalam waktu dekat akan ada PJBG dengan calon pembelinya," ucap Hamim.



Juru bicara Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Elan Biantoro, menuturkan, harga keekonomian gas dari Blok Madura Strait yang dikelola HCML berkisar US$ 7 per mmbtu. Harga tersebut telah berasal dari asumsi kondisi hulu migas saat ini dan harga minyak dunia yang terus melambung.



Apabila harga gas milik HCML di bawah US$ 7 Elan khawatir bakal berdampak negatif terhadap sektor hulu migas. Kontraktor kontrak kerja sama, kata Elan, berhak mendapatkan harga keekonomian sesuai dengan tingginya investasi di sektor itu.



SKK Migas memastikan bahwa hasil gas bumi dari Jawa Timur dialokasikan untuk kebutuhan domestik dan tidak akan dijual ke luar negeri. "Jawa Timur enggak punya train LNG plan, jadi enggak mungkin gas bumi itu dicairkan dan dikapalkan ke negara lain," kata Elan. "Semua untuk domestik."



Menurut dia, gas bumi dari Blok Madura Strait dialirkan lewat pipa transmisi Selat Madura. Mantan Kepala Perwakilan BP Migas wilayah Jabanusa (sekarang SKK Migas) itu menilai potensi kandungan migas di perut bumi Madura sangat besar. Cadangan terbuktinya, kata Elan, tak perlu diragukan lagi dan diharapkam mampu berkontribusi bagi lifting minyak nasional.



DIANANTA P. SUMEDI



Terpopuler:


Daftar Kenekatan Agus Martowardojo


Julia Perez Resmi Dinyatakan Buron


Beda Soeharto dan SBY Soal Cara Urus Partai


Mantan Auditor Bank Century Temui Anas


Raffi Ahmad Dilaporkan Orang Ini ke BNN



You're reading an article about
Husky Oil Belum Tentukan Pembeli Gas  
This article
Husky Oil Belum Tentukan Pembeli Gas  
can be opened in url
http://beritakasiterit.blogspot.com/2013/02/husky-oil-belum-tentukan-pembeli-gas.html
Husky Oil Belum Tentukan Pembeli Gas  

Title Post: Husky Oil Belum Tentukan Pembeli Gas  
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Berita kasiterit

Thanks for visiting the blog, If any criticism and suggestions please leave a comment

0 komentar:

Posting Komentar