Pengusaha Makanan Indonesia Ekspansi ke Afrika  


TEMPO.CO, Jakarta - Dua perusahaan makanan dan minuman Indonesia siap berekspansi ke luar negeri. Kali ini Nigeria dipilih sebagai daerah sasaran pengembangan bisnis.



Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), Franky Sibarani, mengatakan dua perusahaan yang memproduksi makanan ringan itu kini sedang melihat-lihat calon lokasi usahanya. Listrik, air, kondisi tanah, dan yang terpenting potensi pasar masuk dalam perhitungan mereka.



»Penjajakan sudah sejak tahun lalu. Tahun ini sepertinya sudah serius akan investasi,” katanya ketika dihubungi, Sabtu, 16 Februari 2013.



Menurut Franky, niat dua perusahaan tersebut untuk masuk ke pasar Nigeria didorong oleh geliat ekonomi dan pangsa pasar yang cukup menjanjikan. »Selain itu, orang-orang Afrika menyukai produk-produk makanan kita."



Hal itu diketahuinya, sebab sebelum melakukan ekspansi, penjajakan selera pasar telah dilakukan dengan ekspor beberapa jenis produk. "Dari situ kami tahu sambutan pasarnya cukup baik," kata Franky.



Nigeria, yang kondisi keamanannya juga dinilai cukup kondusif, menurut Franky, bisa menjadi pintu masuk bagi penetrasi produk makanan dan minuman ataupun hasil industri lain dari Indonesia. »Negara berikut yang disasar kemungkinan Kongo,” kata dia. Ekspansi kedua perusahaan itu, kata Franky, juga karena dorongan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Perdagangan.



Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan, di tengah lesunya kondisi ekonomi di pasar-pasar tradisional, Indonesia memang tengah mengincar pasar-pasar alternatif, baik untuk pengembangan ekspor maupun investasi. Afrika disebutnya sebagai salah satu kawasan yang diincar. »Economic growth di negara-negara itu besar.”



PINGIT ARIA



You're reading an article about
Pengusaha Makanan Indonesia Ekspansi ke Afrika  
This article
Pengusaha Makanan Indonesia Ekspansi ke Afrika  
can be opened in url
http://beritakasiterit.blogspot.com/2013/02/pengusaha-makanan-indonesia-ekspansi-ke.html
Pengusaha Makanan Indonesia Ekspansi ke Afrika  

Title Post: Pengusaha Makanan Indonesia Ekspansi ke Afrika  
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Berita kasiterit

Thanks for visiting the blog, If any criticism and suggestions please leave a comment

0 komentar:

Posting Komentar